Penampilan Di Dunia Kerja, Memangnya Penting, Ya?
Penampilan Di Dunia Kerja, Memangnya Penting, Ya?
unsplash.com/huntersrace |
Kamu pasti sudah sering mendengar tentang pentingnya berpenampilan rapi dan bersih, terutama di bidang pekerjaan. Dikatakan bahwa orang yang terlihat rapi melakukan pekerjaan mereka dengan lebih baik.
Plus, katanya, pelanggan perusahaan benar-benar menilai bagaimana Anda berpakaian, sampai ke gaya rambut Anda.
Coba kita cari tahu, apa kata mereka soal menjaga penampilan di dunia kerja!
Menurut kamu, Penting Nggak sih Memperhatikan Penampilan Saat Bekerja?
"Semua kembali lagi dengan kerjaan apa yang kita miliki, jika memang diberikan kebebasan untuk berkreasi dengan outfit nya, dan juga penilaian diri kalian di tentukan dari sana, maka sangat di anjurkan untuk selalu memperhatikan style outfit yang akan digunakan setiap harinya, terlebih jika tempat kerja mu ngga membatasi karyawan nya berpakaian."
Rizieq -Sosial Media Spesialis
"Penting, karna penampilan berpengaruh ke lingkungan pekerjaan, penampilan yang baik akan membuat kita lebih percaya diri dan itu akan meningkatkan kinerja kita saat bekerja."
Fauziyyah -Guru Pra Sekolah
"Sangat penting, selain untuk kenyamanan kita sendiri juga untuk kenyaman orang lain yang melihat kita berpenampilan rapi dan sesuai dengan aturan."
Herdiansyah -Desainer Grafis
Bagaimana Menilai Penampilan Di Dunia Kerja?
Mari kita mulai diskusi kita dengan cara melihat pakaian, gaya rambut, dan lain-lain di kantor.
Melansir dari SHRM, penampilan bisa menjadi bias dalam proses perekrutan. Meski begitu, tentu saja sistemnya sudah mulai membaik. Ada kebijakan yang mengharuskan tim untuk mengevaluasi secara lebih objektif dan memberikan kesempatan yang sama kepada semua orang.
Mengutip Inc., lingkungan kerja saat ini jauh lebih toleran terhadap penampilan. Namun, masih ada orang yang menganggapnya sangat serius.
Fenomena ini sering terjadi pada pekerja muda dan perempuan. Ini mungkin menjadi sumber diskriminasi berdasarkan penampilan.
Padahal, orang yang berpenampilan rapi tidak selalu bagus dalam pekerjaannya, begitu pula sebaliknya. Tidak ada hubungan langsung antara keterampilan dan bagaimana orang memilih konfigurasi tubuh mereka.
Hal inilah yang memicu kritik dan penentangan untuk mengaitkan penampilan dan kinerja di dunia kerja.
Mengapa Ada Aturan tentang Penampilan Di Kantor?
Kamu sudah paham, meskipun sering berkorelasi, tidak ada hubungan antara kinerja dan penampilan di dunia kerja. Jadi mengapa perusahaan bahkan mengatur penampilan dan pakaian seseorang?
Dikutip dari The Muse ada beberapa alasan, sebagai berikut:
1. Pakaian dan penampilan berkaitan dengan nilai-nilai yang diyakini oleh para pemimpin perusahaan;
2. Pekerjaan Anda berhubungan dengan klien langsung, jadi Anda harus selalu bisa mewakili perusahaan;
3. Komunikasi dan keterbukaan tentang apa yang diharapkan kantor dari Anda, karena "berpakaian untuk bekerja" adalah frasa dengan banyak interpretasi.
Bisa dilihat bahwa sebenarnya, aturan soal baju dan penampilan sebenarnya tak melulu dikaitkan dengan pekerjaan. Baju dan penampilan merupakan salah satu bentuk komunikasi nonverbal yang bisa mempengaruhi persepsi orang lain padamu.
Orang lain ini bukan hanya rekan kerja, tetapi juga klien, apabila posisi pekerjaanmu memang sering bertemu dengan mereka.
Seperti Apa Penampilan yang Baik Itu?
Mungkin kamu bertanya-tanya, bagaimana kamu harus berpenampilan agar tetap nyaman, namun sesuai dengan ekspektasi orang kepadamu?
Sejatinya, penampilan yang baik di dunia kerja memiliki tafsir yang sangat luas dan kontekstual.
Dikutip dari Kompas, pekerjaan di bidang bank, perhotelan, dan industri-industri lainnya biasanya menekankan penampilan dan baju yang spesifik.Kriteria penampilan pada industri ini biasanya formal dan rapi.
Sementara itu, pekerjaan di bidang kreatif seringkali kurang mementingkan pakaian dan penampilan yang lebih kasual. Pilihan penampilan dan warna dan gaya rambut juga sangat tergantung pada ini.
Selain rambut panjang dan diwarnai, ada perusahaan yang melarang dan mengizinkan tato bagi karyawannya.
Itu semua tergantung pada kebijakan perusahaan dan posisi Anda di perusahaan. Jadi, tanya mereka langsung, ya!
Pada akhirnya, menilai orang terlalu banyak dari penampilan mereka membuat kita menjadi impersonal.
Namun, itu bukan alasan untuk tidak memperhatikan apa yang Anda pikirkan tentang kantor Anda. Ikuti aturan yang berlaku di kantor Anda dan selalu jaga kerapian..
Komentar
Posting Komentar